INTERNASIONAL NASIONAL

Kamis, 03 Oktober 2013

Usulan Indonesia Banyak Diterima Forum APEC

Pertemuan Pamungkas Tingkat Pejabat Tinggi APEC 2013 atau Concluding Senior Officials Meeting (CSOM) resmi ditutup sore hari ini, Rabu, (2/10). Sebanyak 97 persen gagasan Indonesia direspon positif, sisanya hanya perlu penajaman.  Selanjutnya gagasan-gagasan ini akan dibahas pada tingkat Menteri APEC yaitu APEC Ministerial Meeting (AMM) pada tanggal 4-5 Oktober 2013.

Pernyataan itu secara tegas disampaikan Yuri O. Thamrin, selaku Ketua SOM APEC dalam sebuah konferensi pers di kawasan Nusa Dua Bali. Tampil dalam jumpa wartawan itu Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo dan Prasetijono Widjojo, Deputi Bidang Ekonomi BAPPENAS. “Semua ini bukanlah sebuah kebetulan,” ujar Yuri O. Thamrin yang juga Dirjen ASPASAF Kemlu.

Gagasan Indonesia yang telah disepakati tersebut berkaitan dengan upaya mendorong perdagangan dan investasi yang terbuka di kawasan, memastikan pertumbuhan berkelanjutan yang setara bagi seluruh lapisan masyarakat dan mempromosikan inisiatif konektivitas serta pembangunan dan investasi infrastruktur.

Beberapa gagasan konkret Indonesia lainnya adalah memastikan pasar internasional terus terbuka untuk ekspor Indonesia, memajukan peran perempuan, UKM, nelayan dan petani dalam pembangunan ekonomi, meningkatkan hubungan antar manusia melalui pendidikan lintas batas serta meningkatkan kesiaptanggapan bencana di kawasan.

“Pertemuan Tingkat Menteri 4-5 Oktober dan pertemuan Pemimpin 7-8 Oktober 2013 bertujuan untuk memperkuat komitmen ini. Gagasan ini tidak akan berhenti di tahun 2013. Melainkan akan terus menggelinding pada keketuaan China, Philipina dan Peru,” lanjut Duta Besar Yuri Thamrin.

Pertemuan AMM nanti akan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri RI, Dr. Marty Natalegawa dan Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan. Selain mengundang Menteri-Menteri Luar Negeri dan Perdagangan dari Anggota Ekonomi APEC lainnya, AMM juga akan dihadiri oleh Direktur Jenderal World Trade Organization (WTO), Roberto Azevedo.

Selain itu, pada pertemuan CSOM APEC 2013 in juga diumumkan pemenang APEC Photo Contest 2013. Pemenang lomba foto APEC tahun ini adalah Jonathan Shun Jie Chiang dari Singapura dengan foto  berjudul Electric Circuitry. Lomba foto yang telah diselenggarakan sejak tahun 2011 ini bertujuan untuk mendekatkan APEC dengan masyarakat pada umumnya dan melihat apa yang dipahami masyarakat kebanyakan mengenai perdagangan, investasi dan ekonomi.

Salah satu hasil pertemuan yang dinilai baru adalah kesepakatan tentang kerjasama dalam pemberantasan korupsi yang dinamai Anti Corruption Transparency Network atau disingkat ACTNet. Forum ini merupakan wahana untuk pengembangan kapasitas, tukar-menukar informasi dan berbagi pengalaman. Diharapkan, ACTNet dapat menjadi pelopor kawasan Asia Pasifik yang bebas korupsi.

Tidak ada komentar:

NASIONAL INTERNASIONAL
 





About Us | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan | Pesan | RSS | Facebook | Twitter | Nasional | Internasional | ASEAN | Ekonomi | Pariwisata

Copyright © 2008. news.indonesianvoices.org - All Rights Reserved
Indonesian peoples thing..
Created by Group Link Website Published by Indonesian Voices
Meneruskan Semangat Bung Karno dan Bung Hatta