Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto  mengatakan pertanian merupakan solusi mengentaskan berbagai persoalan bangsa.

"Saya ingin ajak kita semua untuk memajukan pertanian karena sebetulnya pertanian adalah solusi persoalan bangsa," katanya pada konferensi pers dalam Reuni Emas IPB di Jakarta, Sabtu.

Dia optimistis pertanian menjadi kunci untuk mengatasi persoalan pangan, mengentaskan kemiskinan, memajukan pembangunan daerah dan menjaga lingkungan hidup.

Dia menambahkan pihaknya prihatin terkait banyak orang yang mengatakan bahwa para alumni IPB bisa bekerja apa saja kecuali di sektor pertanian. "Kita buktikan bahwa para alumni IPB bisa bekerja apa saja, terlebih di pertanian," katanya.

Perhelatan akbar Reuni Emas IPB digelar pada Sabtu (5/10) malam di Jakarta Convention Center (JCC). Melalui momentum ini, seluruh alumni diajak untuk merenung dan berkontemplasi untuk membangun Indonesia dengan lebih baik, khususnya di bidang kemandirian pangan.

"Momentum ini kiranya mendorong alumni IPB dan seluruh komponen bangsa untuk lebih gigih memperjuangkan kemandirian pangan nasional," katanya.

Reuni yang dihadiri ribuan alumni tersebut merupakan ajang konsolidasi seluruh potensi alumni IPB untuk kembali menata peran alumni bagi pembangunan nasional Indonesia. (Antara)