INTERNASIONAL NASIONAL

Senin, 14 Oktober 2013

Kemenangan Timnas U-19 atas Korea Selatan Bak Segelas Air Dalam Dahaga Kemenangan

Photo : www.facebook.com/pages/Evan-Dimas-Darmono
Oleh Rudi Hasan

Kemenangan Indonesia atas Korea Selatan telah membuat hiburan sendiri bagi rakyat Indonesia, sedikit kegembiraan setelah bosan dengan berita korupsi dan isu perpolitikan di Indonesia.

Selama ini hampir 22 tahun persepokbolaan Indonesia tanpa gelar, akhirnya kita mendapatkan Piala AFF 2013 dari debut Timnas U-19 Indonesia, Evan Dimas dan kawan-kawan.

Kemudian keharuman itu berlanjut dengan kemenangan Indonesia melawan Korea Selatan, yang selama ini menjadi raksasa sepak bola Asia ini ternyata mampu dikalahkan dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (12/10/2013).

Geliat pemain-pemain muda Indonesia telah memberikan harapan baru bagi persepakbolaan Indonesia. Selama ini kita selalu sedih atas kekalahan demi kekalahan dari Tim Senior yang selalu bergaya 'umpan lambung' kemudian lepas karena dapat dicuri lawan.

Mari sekarang kita lupakan 'umpan lambung' itu dan digantikan dengan gaya manis Tiki Taka ala Spanyol permainan cantik Timnas U-19 dengan Pelatih Indra Sapri. Ini bukti bahwa 'Orang Indonesia' bisa. Tidak harus bahwa pelatih luar negeri itu hebat, nyatanya Timnas U-19 mampu tampil hebat dari seorang pelatih Indonesia asli asal Minang, Sumatera Barat.

Semoga kemenangan ini dapat diteruskan dan memberikan harapan baru dengan munculnya lagi, Garuda Muda-Garuda Muda lainnya untuk berkiprah dan mendapatkan prestasi yang habat di ajang-ajang internasional.

Betul seperti yang dikatakan oleh Menpora, Roy Suryo,  "Kalau bukan dari Tuhan Yang Maha Esa, tidak mungkin Indonesia bisa melangkah ke babak berikutnya. Ini sesuatu yang luar biasa dan Timnas U-19 mampu mencetak rekor sekaligus sejarah baru." Yah betul begitulah adanya sehingga wajib kita syukuri.

Kebangkitan ini semoga menjadi awal bagi sepak bola Indonesia untuk berkiprah di mata dunia. Setelah mampu menjadi yang terbaik di tingkat Asia Tenggara, Tim Garuda Jaya itu diharapkan bisa berbuat banyak di putaran final Piala Asia tahun depan yang diselenggarakan di Myanmar dan akhirnya bisa mencapai Piala Dunia.

Kita berharap dan berdoa semoga nanti Timnas U-19 dapat terus melaju dan memenangkan pertandingan di Piala Asia dan mendapatkan tiket untuk bertanding di Piala Dunia. Tentu sebuah mimpi bangsa Indonesia untuk melihat Tim Nasionalnya berlaga di ajang bergengsi Piala Dunia, tetapi semoga ini bukan lagi mimpi dengan kehadiran Timnas U-19 yang penuh harapan.

Selama ini kita selalu menonton tim dari negara lain dan juga mencari negara yang dapat 'disimpatikan' untuk sekedar didukung kemenangannya karena memang tidak adanya Tim Nasional kita yang berlaga di ajang itu. Hidup Timnas Indonesia, semoga kita dapat berjaya! Merdeka!

Tidak ada komentar:

NASIONAL INTERNASIONAL
 





About Us | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan | Pesan | RSS | Facebook | Twitter | Nasional | Internasional | ASEAN | Ekonomi | Pariwisata

Copyright © 2008. news.indonesianvoices.org - All Rights Reserved
Indonesian peoples thing..
Created by Group Link Website Published by Indonesian Voices
Meneruskan Semangat Bung Karno dan Bung Hatta