Microsoft Corp mulai terjun ke bisnis ponsel dan teknologi mobile, belum lama ini meluncurkan dua model tablet terbarunya Surface 2 dan Surface Pro 2 dan sudah menerima pra order Rabu pagi pukul 08.00 waktu AS.

Kedua tablet keluarga Surface tersebut akan tersedia di toko online Microsoft dan peritel pihak ketiga tertentu di 22 negara mulai 22 Oktober mendatang.

Ke-22 pasar dimaksud termasuk Australia, Austria, Belgia, Kanada, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Hong Kong, Irlandia, Italia, Luxembourg, Belanda, Zelandia Baru, Norwegia, Portugal, Spanyol, Swedia, Switzerland, Inggris, dan Amerika Serikat, menurut pernyataan Microsoft yang dipublikasikan di laman resminya.

Khusus di China akan tersedia awal November dan untuk pasar-pasar lain akan diumumkan bulan-bulan berikutnya.

Menurut Microsoft, Surface 2 dan Surface Pro 2 mendapatkan pembaruan signifikan dibanding versi sebelumnya, termasuk peningkatan pada processing power dan daya tahan baterai, juga resolusi kamera serta layar.

Sistem operasinya yang sudah menggunakan Windows RT 8.1 dan Windows 8.1 Pro membuat Surface 2 dan Surface Pro 2 lebih powerful dan customizable (mudah dicustom).

Selain mengenalkan model Surface terbaru, Microsoft juga meluncurkan tujuh macam aksesoris mulai dari cover, wireless adapter, docking station, hingga pengisi daya di mobil dengan USB. Asesoris-asesoris itu sebagian besar akan mulai tersedia di pasar pada awal 2014.

Guna mendapatkan hasil maksimal dari Surface 2 dan Surface Pro 2, pelanggan yang membeli kedua perangkat itu akan mendapatkan gratis menelpon via Skype di lebih dari 60 negara selama satu tahun, akses WiFi Skype unlimited melalui 2 juta hot spot di seluruh dunia selama satu tahun.

Juga 200 GB penyimpanan SkyDrive gratis selama dua tahun, kata Microsoft. (Antara)