INTERNASIONAL NASIONAL

Jumat, 20 September 2013

Konferensi Gubernur Walikota ASEAN Hasilkan Deklarasi Jakarta

Konfrensi  pertama  Gubernur-Walikota Ibukota Negara-Negara ASEAN telah berakhir  pada Kamis (19 September) dengan pernyataan bersama  Jakarta tentang kerjasama antara pemerintahan kota-ibukota negara-negara ASEAN.

Pernyataan bersama antara lain menekankan posisi dan peranan penting dari pemerintahan ibukota negara-negara  ASEAN, sepakat  melakukan sosialisasi di kalangan rakyat tentang ASEAN, “Satu Visi- Satu Identitas- Satu Komunitas ASEAN”.

Sebanyak 110 orang delegasi dari 10 ibukota negara anggota ASEAN hadir dalam pertemuan yang bertema ASEAN Goes Local: Contributing to ASEAN Community 2015".

Pertemuan para pemimpin ibu kota negara anggota ASEAN merupakan langkah awal untuk membangun kerangka institusional yang memfasilitasi peran aktif Pemerintah Daerah di seluruh negara anggota ASEAN dalam pembangunan Komunitas ASEAN (ASEAN Community), khususnya dalam rangka menghadapi pasar bebas ASEAN tahun 2015.

Pernyataan bersama tersebut menegaskan akan terus mempertahankan dan mengembangkan komitmen-komitmen yang telah disepakati pada Forum Gubernur/Walikota  kota-kota  ASEAN yang berlangsung dari 24-25 Oktober 2011 di Surabaya, Indonesia.

Gubernur dan Wali Kota se ASEAN itu sepakat untuk selalu berkoordinasi  menyelenggarakan secara sukses banyak aktivitas dan event penting ASEAN, selalu memperhatikan perluasan dan pengembangan hubungan kerjasama di semua bidang dan menandatangani banyak permufakatan kerjasama bilateral dengan kota-kota lain, khususnya  beberapa ibukota negara-negara anggota ASEAN.

Para peserta mempresentasikan tentang prestasi-prestasi kota-kota di ASEAN, dan berbagai prestasi  di semua bidang politik,  ekonomi, dan sosial-budaya kota-kota di ASEAN. Mereka secara umum siap dan akan ikut membangun Komunitas ASEAN.

Pernyataan bersama ini juga menunjukkan: Pemimpin pemerintahan ibukota negara-negara ASEAN mendukung politik dan program tentang ASEAN yang telah disepakati oleh pemerintah dari negara-negara  anggotanya; berkomitmen akan memainkan peranan kerjasama yang berinisiatif dan lebih aktif  dalam proses pelaksanaan integrasi dan pembangunan komunitas  ASEAN.

Pertemuan Walikota se-ASEAN ini merupakan bagian dari ASEAN Comunity yang telah menjadi agenda ASEAN, Badan Sekretariat ASEAN dan Kementerian Luar Negeri Indonesia.  Konferensi Gubernur/Walikota ibukota 10 negara anggota ASEAN bisa sebagai ajang silahturahmi dan peningkatan komunitas para penyelenggara pemerintahan di ASEAN.

Cetak biru komunitas ekonomi ASEAN, pembentukan "pasar tunggal" pada tahun 2015 menempatkan para pemimpin ibukota negara-negara anggota ASEAN dalam peran penting untuk mempromosikan dan atau mengkomunikasikan ide single market kepada penduduk karena sebagian besar kegiatan ekonomi mengambil tempat di ibu kota.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Wakil dari Uni Eropa, yang ikut berbagi pengalaman-pengalaman dan praktek dalam membangun dan mengembangkan pemerintahan kota di Eropa.

Tidak ada komentar:

NASIONAL INTERNASIONAL
 





About Us | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan | Pesan | RSS | Facebook | Twitter | Nasional | Internasional | ASEAN | Ekonomi | Pariwisata

Copyright © 2008. news.indonesianvoices.org - All Rights Reserved
Indonesian peoples thing..
Created by Group Link Website Published by Indonesian Voices
Meneruskan Semangat Bung Karno dan Bung Hatta