INTERNASIONAL NASIONAL

Jumat, 02 Agustus 2013

Penyelenggaraan Kongres Disapora Indonesia II Kembali ke Jakarta

Menyusul sukses Kongres Diaspora Indonesia I (KDI I) yang digelar di Los Angeles, California, 6-8 Juli tahun lalu, Kongres Diaspora Indonesia akan kembali diadakan tahun ini. Sesuai tema 'Kongres Diaspora indonesia: Diaspora Indonesia Pulang Kampung', KDI II diselenggarakan di Jakarta Convention Center (18-20/03/2013).

Waktu pelaksanaan KDI II yang berdekatan dengan perayaan hari kemerdekaan RI, memungkinkan Diaspora Indonesia untuk kembali merasakan kemeriahan perayaan 17 Agustus di kampung halaman.

Apabila KDI I sukses menelurkan 'Deklarasi Diaspora Indonesia' yang menyepakati pembentukan Indonesian Diaspora Network', KDI II diharapkan dapat memberikan hasil yang konkret untuk meningkatkan sumbangsih  Diaspora Indonesia dalam  pembangunan bangsa.

Kongres yang direncakan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, akan menghadirkan berbagai pakar dan tokoh terkenal di antaranya  B.J. Habibie (Presiden ke-3 RI), Sri Mulyani Indrawati (Managing Director of World Bank), Gatot M. Suwondo (CEO of Bank National Indonesia), Sehat Sutardja (CEO of Marvell Technology Group) dan Iwan Sunito (CEO of Crown International Holdings Group).

KDI diselenggarakan dengan tujuan untuk mendorong terjalinnya kebersamaan di antara Diaspora Indonesia dan membangun kekuatan untuk Indonesia yang lebih baik. KDI II diharapkan dapat melahirkan inisiatif konkret untuk memberdayakan masyarakan Indonesia di seluruh penjuru dunia.

Untuk mencapai tujuan KDI II, telah dibentuk Task Force, yang melibatkan Diaspora Indonesia dari berbagai belahan dunia,  yang akan membahas  berbagai topik dan merumuskan rekomendasi kebijakan.

Berbagai topik yang akan dibahas adalah: pendidikan; energi; kota layak huni; kuliner Indonesia; bisnis dan investasi; kedirgantaraan Indonesia; pelayanan kesehatan masyarakat; ekonomi hijau; pekerja migran; keimigrasian dan kewarganegaraan; dan Sains dan inovasi.

Setiap Task Force, dengan bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga Negara terkait, akan membahas berbagai konsep dan program, dan diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan yang dapat diimplementasikan di Indonesia.

Selain diisi dengan pembahasan Task Force KDI II juga akan menghadirkan forum publik yang mengangkat berbagai tema, antara lain: (1) Indonesia as World Emerging Power: Challenges and Opportunities; (2) Indonesia 2050: The View of Young Indonesian Diasporas; (3) Business Opportunities, Investment & Networking: The Role of Diaspora; (4) Democracy: Good Governance, Pluralism; (5) Competing in Global World: Diaspora Role in Globalising Indonesia’s Culture and Language; (6)Pencak Silat for the World; (7) Youth Forum: Unleashing the Power of the Youth of the 21st Century; (8) Working, Doing Business, or Studying Abroad? Lesson and Advice from Diaspora; and (9) Diaspora’s Innovation and Its Advantages for Indonesia.

Selain seminar dan simposium, KDI tahun ini juga akan dimeriahkan dengan Indonesia Hebat Expo (Job Fair, Education Fair, Travel Fair, dan Culinary Fair) dan berbagai kegiatan sosial, seperti Charity Gala Dinner, penghijauan, Inspirational Coaching Class, pertandingan golf persahabatan, dan Fun Bike.(www.kemlu.go.id)

Tidak ada komentar:

NASIONAL INTERNASIONAL
 





About Us | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan | Pesan | RSS | Facebook | Twitter | Nasional | Internasional | ASEAN | Ekonomi | Pariwisata

Copyright © 2008. news.indonesianvoices.org - All Rights Reserved
Indonesian peoples thing..
Created by Group Link Website Published by Indonesian Voices
Meneruskan Semangat Bung Karno dan Bung Hatta