INTERNASIONAL NASIONAL

Sabtu, 22 Desember 2012

Ramalan Suku Maya Mengenai Kiamat 21 Desember 2012 Tidak Terbukti, Para Pemimpin Suku Maya Berkumpul di Meksiko

Ramalan suku Maya yang memprediksi akan terjadi kiamat besar pada tanggal 21 Desember 2012 telah membuat heboh banyak orang di dunia. Isu ini terkait dengan sistem kalender Suku Maya yang berakhir pada 21 Desember 2012.

Ramalan kiamat itu walaupun tidak terjadi tetapi telah membuat resah banyak orang terutama para pengikut yang percaya pada suku Maya yang pernah berjaya di Amerika Latin pada 6 Abad Sebelum Masehi itu.

Ramalan itu bermula dari kesalahan kalender Suku Maya yang menggunakan hitungan mundur. Kalender Maya ini telah sampai pada titik nol yang dianggap sebagai akhir dari kehidupan dunia yang akan mengalami kehancuran pada 21 Desember 2012 yang ternyata tidak terjadi seperti yang diramalkan.

Kesalahan ramalan ini telah mengecewakan para pengikut kepercayaan mistis Suku Maya yang banyak diyakini di Meksiko, Guetemala dan masyarakat Amerika Latin yang masih meyakini kebenaran kiamat tersebut dan menganggap bahwa batalnya kiamat ini hanya karena berganti menjadi siklus baru.

Para penganut kepercayaan suku Maya berkumpul di reruntuhan Suku Maya di Meksiko.  Ribuan ahli mistik, dukun suku Maya, para penganut kepercayaan Suku Maya bahkan akan merayakan siklus baru suku Maya setelah menurut mereka disebut sebagai kegagalan kiamat yang seharusnya terjadi pada 21 Desember 2012.

Suku Maya berkuasa di Semenanjung Yucatan (Meksiko, Guatemala, Belize, Hondurasm dan kawasan tepi lain yang berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah barat, dan Laut Karibia di sebelah timur.) sejak abad 6 sebelum Masehi.

Mereka memiliki sistem penanggalan sendiri, yang merupakan pengulangan siklus jumlah hari, dalam empat versi berbeda namun semuanya berlaku dan diakui pada masa itu.

Suku yang pada zaman batu mencapai kejayaan di bidang teknologinya (250 M hingga 925 M), menghasilkan bentuk karya dan peradaban unik seperti bangunan (Chichen Itza), pertanian (kanal drainase), tanaman jagung dan latex, sumurnya yang disebut "cenotes".

Suku Maya akan merayakan penutupan ke 13 Bak'tun dalam jangka waktu sekitar 400 tahun sekali atau di dalam kalendar panjang suku maya selama 5.125 tahun, yang telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan berbagai kelompok karena menyebutkan akhir dari seluruh dunia sudah dekat.

Peradaban Maya mencapai puncaknya antara tahun 250 hingga 900 ketika memerintah sebagian besar wilayah yang sekarang selatan Meksiko, Guatemala, Belize dan Honduras. Suku Maya tersebut mengembangkan hieroglif menulis, sistem astronomi dan kalendar canggih.

Tulisannya menggunakan gambar dan simbol, yang disebut "glyph". Ada dua macam glyph: yakni yang menampilkan gambar utuh dari benda yang dimaksudkan, dan tipe yang menggambarkan sesuatu sesuai dengan suku katanya.

Kekhwatiran terhadap kiamat ini telah terjadi diberbagai negara seprti di China. Polisi China menangkap 1.000 orang minggu ini karena menyebarkan rumor tentang 21 Desember dan pihak berwenang di Argentina membatasi akses menuju gunung terkenal dengan UFO, setelah rumor mulai menyebar bahwa kehancuran massal terjadi.

Di Rusia, Presiden Rusia Vladimir Putin menangkis nubuat suku Maya yang memprediksikan bahwa hari kiamat akan jatuh pada hari ini. Putin menambahkan bahwa hari kiamat akan terjadi sekitar 4,5 miliar tahun lagi.

Ia mengatakan pada hari itu, matahari tidak akan bersinar dan akan semakin mengecil. Perdana Menteri Rusia Dmitri Medvedev sebelumnya juga mengatakan dirinya tidak percaya pada nubuat suku Maya.

Ramalan Putin ini disampaikan sebagai kekesalannya terhadap ramalan Suku Maya yang dianggap hanya menyesatkan dan meresahkan banyak orang termasuk masyarakat yang percaya ramalan suku Maya di Rusia.

Di Texas, Richard Garriott de Cayeux yang banyak memproduksi berbagai video game yang terkenal memutuskan untuk mengadakan pesta besar yang terakhir sebelum terjadi kiamat, hanya karena isu bumi akan berakhir.

Tidak ada komentar:

NASIONAL INTERNASIONAL
 





About Us | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan | Pesan | RSS | Facebook | Twitter | Nasional | Internasional | ASEAN | Ekonomi | Pariwisata

Copyright © 2008. news.indonesianvoices.org - All Rights Reserved
Indonesian peoples thing..
Created by Group Link Website Published by Indonesian Voices
Meneruskan Semangat Bung Karno dan Bung Hatta