INTERNASIONAL NASIONAL

Rabu, 28 November 2012

Dua Negara Paling Berkembang di Dunia, China - India Bahas Hubungan Strategis

Dialog Ekonomi Strategis China dan India Ke-2 kemarin (26/11) digelar di New Delhi, India. Ketua Komisi Perkembangan dan Reformasi Nasional China Zhang Ping dan Wakil Ketua Komisi Rencana India Montek Singh Ahluwalia memimpin dialog tersebut.

Zhang Ping menunjukkan, China dan India harus bersama-sama menghadapi dampak negatif akibat krisis finansial, berupaya untuk mendorong kerja sama kedua negara dalam bidang pembangunan infrastruktur, serta mendorong perusahaan China berpartisipasi dalam pembangunan jalan kereta api, pembangkit listrik dan telekomunikasi di India.

Sementara itu, kedua negara juga harus bersama-sama menentang proteksionisme perdagangan dan investasi, lebih memperhatikan kerja sama pragmatis dalam industri energi terbaru, penghematan energi, dan ramah lingkungan.

Ahluwalia menyatakan, peningkatan ekonomi India dan China memiliki pengaruh penting bagi pembentukan peraturan baru ekonomi global. India berharap mengintensifkan koordinasi dan kerja sama dengan China dalam kerangka G-20 dan BRICS.

India dan China akan memainkan peranan lebih penting dalam urusan internasional. Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak juga menandatangani serangkaian MoU kerja sama dalam bidang penelitian bersama, jalur kereta api, software, industri, dan lain sebagainya. Persetujuan investasi antara perusahaan kedua pihak tercatat sebesar US$ 4,8 miliar.

China dan India merupakan dua negara di Asia yang saat ini sedang booming ekonominya. Kedua negara menjadi pemicu pertumbuhan disaat iklim ekonomi sedang lesu, terutama di Eropa Barat dan Amerika Serikat.

Kedua negara juga menjadi anggota BRICS yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Selain China dan India anggota BRICS yaitu Rusia, Afrika Selatan dan Brasil.

Ada isu penting dalam BRICS yaitu mereka menyerukan meningkatnya peran BRICS di lembaga-lembaga keuangan internasional. Isu ini juga salah satu yang dibahas dalam pertemuan dua raksasa Asia yang sedang bangun tidur itu.

Selain itu isu hangat yang dibahas dalam perundingan tersebut menyangkut masalah perbatasan China - India, karena ada kesan selama ini India memprotes atas berbagai aktivitas di perbatasan India - China yang meningkat.

Hal lain yang paling maju dalam perundingan tersebut mengenai kerjasama ekonomi dan pembangunan infrastruktur.

Tidak ada komentar:

NASIONAL INTERNASIONAL
 





About Us | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan | Pesan | RSS | Facebook | Twitter | Nasional | Internasional | ASEAN | Ekonomi | Pariwisata

Copyright © 2008. news.indonesianvoices.org - All Rights Reserved
Indonesian peoples thing..
Created by Group Link Website Published by Indonesian Voices
Meneruskan Semangat Bung Karno dan Bung Hatta