INTERNASIONAL NASIONAL

Kamis, 23 Desember 2010

RI-Perancis Tandatangani Financial Protocol on Strengthening BMKG-Climate and Weather Services Capacity

Indonesia dan Perancis telah menandatangani Financial Protocol on Strengthening BMKG-Climate and Weather Services Capacity di Jakarta (21/12/2010). Pemerintah Indonesia diwakili oleh Duta Besar Retno L.P. Marsudi, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Pemerintah Perancis diwakili oleh Duta Besar Perancis di Jakarta Phillip Zeller.

Protokol ini merupakan perjanjian payung untuk pinjaman lunak yang akan diberikan Pemerintah Perancis kepada Pemerintah Indonesia sebesar Euro 30,3 juta yang akan dipergunakan untuk peningkatan kapasitas BMKG di bidang Climate and Weather Services Capacity.


Proyek bantuan tersebut diharapkan akan dapat membantu BMKG dalam meningkatkan sistem operasional Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika di Indonesia sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh World Meteorology Organization (WMO).

Penandatanganan tersebut merupakan salah satu hasil dari konsultasi bilateral yang dilakukan oleh Indonesia dan Perancis. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Kementerian Luar Negeri, sementara Delegasi Perancis dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Perancis, Duta Besar Pierre Sellal.

Selain kerjasama dengan BMKG, kedua delegasi juga membahas dan mengidentifikasikan upaya bersama guna meningkatkan dan memperkuat kerjasama bilateral antara Indonesia dan Perancis dalam bidang politik, ekonomi dan sosial budaya. Kedua delegasi saling bertukar informasi terkait dengan perkembangan kondisi masing-masing negara khususnya dalam menghadapi berbagai perubahan kondisi ekonomi global saat ini.

Dalam pembahasan agenda kerjasama bilateral, di bidang politik, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerjasama kearah pembentukan sebuah kemitraan strategis antara Indonesia dan Perancis. Kedua delegasi juga membahas upaya peningkatan kerjasama kedua Negara dalam bidang pertahanan dan counter terrorism.

Sementara itu dalam upaya meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara, kedua negara membahas mengenai upaya peningkatan dan pengoptimalan kerjasama di bidang perdagangan, investasi dan pembangunan serta di bidang energy dan mineral.

Dalam bidang sosial dan budaya, kedua delegasi sepakat untuk terus mengembangkan kerjasama yang telah terjalin selama ini khususnya disektor pendidikan, pariwisata dan pertukaran kebudayaan.

Selain itu, kedua delegasi juga membahas dan bertukar pandangan terkait dengan isu-isu regional dan global yang berkembang saat ini dan menjadi perhatian kedua negara, khususnya terkait dengan prioritas Perancis sebagai ketua dalam G-20 pada tahun 2011, Climate Change pasca pertemuan Cancun, ASEAN dan kepemimpinan Indonesia dalam ASEAN pada tahun 2011, Development in Asia (terkait dengan peranan Cina, India, Jepang, Amerika Serikat dan Australia) dan Development in Maghreb, Middle East, Afghanistan dan Pakistan.

Kedua delegasi sepakat untuk pertemuan berikutnya pada kuartal ketiga 2011 di Perancis, yang untuk selanjutnya akan dikoordinasikan melalui saluran diplomatik kedua negara.

Sumber : www.deplu.go.id

Tidak ada komentar:

NASIONAL INTERNASIONAL
 





About Us | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan | Pesan | RSS | Facebook | Twitter | Nasional | Internasional | ASEAN | Ekonomi | Pariwisata

Copyright © 2008. news.indonesianvoices.org - All Rights Reserved
Indonesian peoples thing..
Created by Group Link Website Published by Indonesian Voices
Meneruskan Semangat Bung Karno dan Bung Hatta