INTERNASIONAL NASIONAL

Minggu, 28 Maret 2010

Perbandingan Kekuatan Militer Korea Utara dan Korea Selatan


Oleh Sumantiri B. Sugeo

Parade Militer Korea UtaraKapal perang Angkatan Laut Korea Selatan dilaporkan tenggelam beberapa jam setelah berangkat menuju perairan, Sabtu 27 Maret 2010. Petugas berwenang mengatakan, setidaknya ada sekitar 58 dari 104 awak pada kapal perang itu berhasil diselamatkan. Hingga kini, belum diketahui penyebab utama tenggelamnya kapal, tetapi menurut banyak pihak yang berhasil selamat dari kapal tenggelam tersebut kemungkinaan ada tembakan torpedo pada buritan kapal tersebut. Di wilayah perbatasan laut antara korea selatan dan korea utara, tetapi mereka tidak dapat membuktikan keberadaan kapal Korea Utara saat terjadi kejadian tersebut, baik dari peralatan navigasi ataupun dari pengawasan para prajurit kapal.

Isu serangan dari Korea Utara ini sebenarnya didasari oleh ketegangan antara dua Negara yang dalam beberapa tahun ini semakin panas. Sehingga segala kejadian kecelakaan yang terjadi pada militer Korea Selatan selalu langsung menunjuk hidung Korea Utara, tetapi ada sebagian pihak yang menyatakan bahwa penembakan Korea Utara bisa saja terjadi dengan menggunakan kemampuan teknologi militer Korea Utara yang didukung Rusia dan China. Bisa saja kapal Korea Utara tidak terdeteksi peralatan navigasi Korea Selatan dan meluncurkan torpedo yang menghancurkan buritan kapal milliter Korea Selatan tersebut, alas an ini sangat masuk akal mengingat kerusakan dibagian belakang kapal tersebut bisa menjadi fakta yang kuat.

Seandainya benar-benar terjadi perang siapakah yang akan menjadi pemenang? Korea Selatan yang didukung AS, Atau Korea Utara yang secara ideology didukung Rusia dan China? Jika ingin mengukur kemampuan militer kedua Negara ini, maka kita membutuhkan data kekuatan militer tersebut. Berdasarkan World Military Strength Ranking (WMSR) sebuah organisasi yang secara khusus mempustakakan informasi dan data militer ke dalam database kekuatan militer di seluruh dunia. Informasi berikut ini adalahrelese kekuatan militer Korea Utara dan Korea Selatan berdasarkan data yang dikumpulkannya sampai 2/12/2009. READ MORE ...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Korea Utara itu tangguh moral tentaranya dibandingkan Korea Selatan yang terpengaruh AS sedangkan kecanggihan alat militernya berimbang, besar kemungkinan Korea Selatan akan kalah meskipun tidak telak, saat perang korea 1 saja korea selatan hampir kalah sedangkan backup-nya yaitu China waktu itu dalam kondisi hancur-hancuran sehabis perang saudara, apalagi kini saat China sedang kuat2nya, AS kalau sampai terlibat perang tidak langsung melawan China akan tambah bangkrut negaranya, dijamin deh he..he..

NASIONAL INTERNASIONAL
 





About Us | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan | Pesan | RSS | Facebook | Twitter | Nasional | Internasional | ASEAN | Ekonomi | Pariwisata

Copyright © 2008. news.indonesianvoices.org - All Rights Reserved
Indonesian peoples thing..
Created by Group Link Website Published by Indonesian Voices
Meneruskan Semangat Bung Karno dan Bung Hatta