INTERNASIONAL NASIONAL

Rabu, 09 Desember 2009

Semua Komponen Bangsa Tidak Ada Alasan Menentang Gerakan Anti Korupsi

Oleh Heri Hidayat Makmun

Hari ini merupakan Hari Anti Korupsi Sedunia. Hari yang ditetapkan oleh PBB sebagai moment untuk perbaikan manajemen pemerintahan untuk menuju good government governance.

Mengapa pemberantasan korupsi demikian besar gaungnya tidak saja di Indonesia tetapi dunia, karena fakta sudah membuktikan bahwa banyak Negara-negara yang korup seperti di Asia, Afrika, bahkan juga beberapa Negara di Eropa timur yang rejim pemerintahannya sering berlaku korup, maka nasib rakyatnya akan sangat menderita. Kemiskinan, pengangguran, akses pelayanan yang rendah, pendidikan yang masih minim dan sebagainya.

Kesadaran tersebut hendaknya juga menyadarkan kita bangsa Indonesia yang tingkat korupsinya masih sangat tinggi, bahkan masih yang tertinggi di Asia seperti yang di Ini berdasarkan hasil studi dari Political and Economic Risk Consultancy (PERC) sebuah organisasi nirlaba internasional baru-baru ini, untuk menyambut Hari Anti Korupsi se Dunia.

Indonesia mendapatkan skor 8,32 sebagai negara tertinggi kasus korupsinya di Asia. Thailand disebut sebagai negara paling korup kedua di Asia setelah Indonesia dengan skor 7,63. Kamboja menempati tempat ketiga dengan skor 7,25, diikuti India dengan skor 7,21, Vietnam, 7,11, dan Philipina mendapatkan skor 7.00.

Semoga dengan Indonesia bersih dari korupsi maka berbagai pelayanan yang seharusnya didapat oleh masyarakat dapat terpenuhi, mendapatkan akses modal untuk berusaha, pelayanan kesehatan, pendidikan yang lebih baik dan sebagainya.

Dalam moment Hari Anti Korupsi Se Dunia , 9 Desember 2009 ini. Bisa menjadi barometer bagi kita seberapa jauh bangsa kita telah melakukan pemberantasan korupsi yang sebenarnya.

Acungkan Jempol Untuk KPK

Patut kita acungkan jempol kepada institusi seperti KPK yang dalam beberapa tahun terakhir ini telah banyak membongkar berbagai kasus korupsi. Meraka yang berhasil diusut oleh KPK mulai dari oknum-oknum DPR, Bupati, Gubernur, Pejabat Tinggi Negara dan sebagainya berhasil di jebloskan ke dalam penjara. Prestasi KPK ini harus kita dukung terus.

Walaupun perjuangan melawan korupsi masih harus berhadapan dengan golongan dan pihak-pihak tertentu, tetapi dengan dukungan penuh rakyat banyak maka perjuangan ini dapat berhasil. Mari kita dukung terus KPK untuk terus menjalankan fungsinya sebagai institusi yang melakukan pembersihan terhadap oknum yang menggerogoti kekayaan Negara dan uang public.

Perjuangan Mahasiswa Sebagai Gerbong Anti Korupsi

Gerakan massa yang menyuarakan Indonesia bersih yang dilaksanakan hari ini 9 Desember 2009, bisa menjadi akhir dari bekunya gerakan mahasiswa, paska reformasi 1997/1998.

Redupnya kembali semangat reformasi dan gerakan reformasi yang dilakukan oleh pihak eksekutif dan legislative tidak efektif membawa Indonesia menjadi lebih baik. Justru komitmen anti korupsi semakin lama semakin muram, dan sifat korup malah semakin menjadi-jadi, tidak saja dipusat tetapi juga samapi ke daerah-daerah.

9 Desember ini bisa menjadi awal yang baik bagi gerakan mahasiswa untuk membawa gerakan reformasi ke arah yang benar, bukan didasari oleh kepentingan pihak tertentu untuk memanfaatkan reformasi untuk memperkaya diri.

Selamat Hari Anti Korupsi se Dunia semoga perjuangan menuju Indonesia bersih dapat tercapai. Amiin.

2 komentar:

Johnson Manurung mengatakan...

Setuju sekali Sobat !!!
Idealnya gerakan anti korupsi harus Didukung sepenuhnya oleh Pemerintah selaku penyelenggara negara bukan sebaliknya. Demontrasi harus dipandang sebagai kritik masyarakat untuk keadaan yang lebih baik. Dan jangan menjadikan anarkis sebagai "alasan" bahwa demo tidak baik ! justru disinilah peran Pemerintah dituntut untuk memberikan ruang seluas-luas untuk berpendapat sehingga hal2 yg tdk diinginkan tidak terulang kembali.
A NICE ARTICLE !!!
Salam Persahabatan

astaga.com lifestyle on the net mengatakan...

Berkunjung siang sambil tersenyum

NASIONAL INTERNASIONAL
 





About Us | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan | Pesan | RSS | Facebook | Twitter | Nasional | Internasional | ASEAN | Ekonomi | Pariwisata

Copyright © 2008. news.indonesianvoices.org - All Rights Reserved
Indonesian peoples thing..
Created by Group Link Website Published by Indonesian Voices
Meneruskan Semangat Bung Karno dan Bung Hatta