INTERNASIONAL NASIONAL

Minggu, 22 November 2009

Apakah Dana Untuk Bail Out Bank Century Adalah Dana Masyarakat?



Oleh Heri Hidayat Makmun

Apakah dana yang digunakan untuk bail out bank century itu berasal dari dana masyarakat atau bukan? Pertanyaan ini muncul karena ada pihak yang salah kaprah mengatakan tidak ada kerugian Negara atas bail out Bank Century. Perlu dijelaskan soal milik siapa dana LPS itu. Apakah dana LPS itu merupakan dana masyarakat (dana publik) atau bukan?

Kasus yang menggembosi dana LPS ini terkait dengan uang yang sangat besar nilainya, Rp. 6,7 triliun. Kasus Bank century ini benar-benar menguras asset LPS. Sungguh aneh jika ada yang bilang bahwa publik tidak dirugikan dalam kasus Bank Century. Juga ada yang berkomentar bahwa bail out Bank Century tidak terkait dengan APBN.

Dana yang berada di LPS lembaga yang resmi terbentuk dengan UU no 24 bulan September 2004 yang salah satu tugas LPS adalah “aktif memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannya.” Dana awal LPS berasal dari pemerintah yang disalurkan melalui mekanisme APBN melalui pos pembiayaan.

Selain berasal dari modal awal yang berasal dari pemerintah dana yang berada di LPS juga berasal dari dana-dana simpanan nasabah dari berbagai bank yang ikut dalam program penjaminan pemerintah tersebut. Di dalamnya terkandung juga dana yang berasal dari Bank-Bank BUMN seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan banyak lagi.

Para bank peserta penjaminan memberikan premi kepada LPS sebagai dana yang digunakan untuk bank yang mengalami permasalahan keuangan. Pemberian penjamian harus berdasarkan persyaratan yang telah ditentukan dalam UU no. 24 tahun 2004. Bisa kita katakan LPS itu lembaga asuransinya perbankan Indonesia, tetapi tidak semua dana terjamin, karena para deposan maksimal hanya mendapatkan penjaminan paling banyak Rp. 2 miliar saja.

Sudah cukup jelas bahwa dana yang digunakan untuk bail out Bank century adalah dana public, yaitu para penabung di perbankan-perbankan Indonesia. Apakah public berhak untuk mengetahi kemana dana bail out Bank Century tersebut? Menurut saya Ya. Menurut Anda?

2 komentar:

Anonim mengatakan...

berarti kalau saya bayar premi ke perusahaan asuransi terus jiwa saya dijamin oleh perusahaan asuransi tersebut kemudian saya kecelakaan biaya pengobatan saya ngga bisa di bailout(talangin)? ngawur..

Indonesian Voices Team mengatakan...

Semua bank yang ikut LPS berhak mendapatkan penjaminan, tetap dengan jaminan sebesar maksimal Rp. 2 miliar rupiah. Sesuai dengan preminya toh... tetapi kalau sampai mengurai aset LPS (Rp. 6,7 Triliun) jelas ini salah, karena yang berhak menerima jaminan bukan hanya Bank century saja.

NASIONAL INTERNASIONAL
 





About Us | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan | Pesan | RSS | Facebook | Twitter | Nasional | Internasional | ASEAN | Ekonomi | Pariwisata

Copyright © 2008. news.indonesianvoices.org - All Rights Reserved
Indonesian peoples thing..
Created by Group Link Website Published by Indonesian Voices
Meneruskan Semangat Bung Karno dan Bung Hatta