INTERNASIONAL NASIONAL

Minggu, 12 April 2009

Sebenarnya Kapan Peradapan Tertua Bangsa Indonesia?

Oleh Heri Hidayat Makmun

Mungkin kita bertanya-tanya tetang identitas Bangsa Indonesia dan sejarah awal kapan sebenarnya peradapan nusantara mulai ada. Selama ini kita lebih mengenal peradapan Mesir kuno, China kuno tetapi sering kita lupa dengan peradapan kita sendiri. Contohnya saya...

Peradapan tertua asal muasal bangsa Indonesia kita pada abad ke 4 M, masa Kutai Kartanegara, tapi ada penemuan baru yang menjelaskan tentang kapan sebenarnya peradapan tertua di Indonesia.

Informasi ini saya kutip dari bukunya Aloysius Gunadi Brata (Lembaga Penelitian Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Oktober – 2005) yang berjudul “Problematika Masyarakat Kopi Pasemah”.

Dalam buku itu menjelaskan peradapan tertua bangsa kita seharusnya mulai dari Sumatera Selatan, bahwa budaya melayu justru sudah lebih tua, bahkan catatan cita sudah ada sejak 117 th SB yang dicatat oleh . Catatan dari budaya agama Budha.

"…Dr. Heine-Geldern di tahun 1934 menjelaskan stylistic similarities antara pahatan batu prasejarah yang ada di daerah Pasemah di Sumatra bagian Selatan dengan yang ada di makam Jenderal Cina Huo K'iu-ping di Propinsi Shensi China, yang dibuat tahun 117 SM. Ini, katanya, tampaknya mengindikasikan setidaknya ada hubungan erat dengan Cina, yang mungkin telah mulai ada sekitar abad pertama dan kedua SM…."

Secara teori budaya juga menunjukkan bahwa sejarah sekarang adalah hasil dari budaya masa lalu. Kondisi Pelembang memang sejak dahulu sudah terkenal, bahkan telah lama berdiri kerajaan Sriwijaya yang wilayahnya cukup luas. Ini jika kita lihat dari sisi perkembangan peradapan yang dianggap sudah maju.

Bukti peradapan yang didapt dari bukti sejarah berdasarkan penemuan situs seperti ini. Manusia Indonesia dianggap lahir pada penemuan sejarah tertua. Secara logika kita bisa mengatakan bahwa sebenarnya bisa lebih tua dari situs tertua itu. Tapi dibandingkan dengan kebudayaan lain seperti Mesopotamia Mesir, Syria, dan China. Budaya kita memang masih terbilang sangat muda, boleh dibilang anak bungsu, atau juga peradapan dari komunitas baru yang tumbuh.

Jika kita percaya teori darwin mungkin masa zaman purbakala di tringil di tepi sungai Bengawan Solo sudah ada juga peradapan. Saya tidak percaya teori ini dan sudah terbukti banyak mengandung kelemahan.

Tidak ada komentar:

NASIONAL INTERNASIONAL
 





About Us | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan | Pesan | RSS | Facebook | Twitter | Nasional | Internasional | ASEAN | Ekonomi | Pariwisata

Copyright © 2008. news.indonesianvoices.org - All Rights Reserved
Indonesian peoples thing..
Created by Group Link Website Published by Indonesian Voices
Meneruskan Semangat Bung Karno dan Bung Hatta