INTERNASIONAL NASIONAL

Kamis, 12 Maret 2009

Teknologi Militer China Akan Melakukan Loncatan

Oleh Sumantiri B Sugeo

Abad ini bisa dikatakan sebagai abad kebangkitan negara-negara Asia setelah masa-masa penjajahan barat di Asia yang menyakitkan. China negeri raksasa yang memiliki wilayah luas dan penduduk yang terbanyak didunia saat ini telah menuju kebangkitan.

Selain kebangkitan ekonomi, China juga melakukan gebrakan pada anggaran militer untuk meningkatkan moderinisasi peralatan militer untuk melakukan loncatan teknologi. Anggaran pertahanan akan naik 14,9 persen pada tahun 2009, kata jurubicara pemerintah di sBeijing Rabu. Pada Tahun 2009 mencapai 480,686 miliar yuan (70,2 miliar dolar AS), meningkat 62,482 miliar yuan dari 2008, kata jurubicara parlemen China, Li Zhaoxing kepada para wartawan seperti dikutip AFP.

Kenaikan ini meskipun menjadi kekwatiran Amerika Serikat dan negara-negara NATO sebenarnya masih cukup kecil jika dibandingkan dengan anggaran pertahanan tahun 2008, kenaikan ini cukup kecil, karena anggaran pertahanan 2008 diumumkan mencapai kenaikan 17,9 persen.

Bentuk dari loncatan teknologi militer ini berupa pembaharuan sistem persenjataan, perlengkapan, dan dukungan logistik militer di seluruh wilayahnya disamping juga akan meningkatkan penelitian yang ada kaitannya dengan pertahanan. "Kita akan melakukan modernisasi dan perlengkapan di seluruh wilayah," kata PM Wen Jiabao dalam pidatonya saat pembukaan Sesi Kedua Kongres Rakyat Nasional (NPC) ke-11, di Gedung Balai Agung Rakyat, Beijing, Kamis, 12 Maret 2009 lalu. Pada saat itu hadir juga dalam acara tahunan itu antara lain Presiden Hu Jintao, Ketua Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (CPPCC) Jia Qinglin, Ketua NPC Wu Bangguou, serta para petinggi Partai Komunis China (CPC).

China kemajuan penting dalam memodernisasi pertahanan dan angkatan darat dan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) telah memainkan peranan penting dalam menjaga kedaulatan China, keamanan, serta integritas teritorial.

Salah satu contoh tentang loncatan teknologi militer itu adalah akan segera membangun kapal induk, tulis surat kabar China Daily , Jumat, seperti dikutip AFP. Harian itu mengutip pernyataan para pejabat militer yang mengaku telah bertahun-tahun melobi pemerintah pusat untuk membangun sebuah kapal induk. "Membangun kapal induk adalah satu simbol sebuah negara penting. Itu sangat diperlukan," kata Laksamana Hu Yanlin yang dikutip suratkabar itu.

Kemungkinan pembuatan kapal induk ini akan dibangun tahun 2010 seperti yang diberitakan oleh Media Hongkong. Selain kapal induk pengembangan satelit dan kekuatan militer di antariksa juga telah dikembangkan dari sejak satu dekade ini.

Tidak ada komentar:

NASIONAL INTERNASIONAL
 





About Us | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan | Pesan | RSS | Facebook | Twitter | Nasional | Internasional | ASEAN | Ekonomi | Pariwisata

Copyright © 2008. news.indonesianvoices.org - All Rights Reserved
Indonesian peoples thing..
Created by Group Link Website Published by Indonesian Voices
Meneruskan Semangat Bung Karno dan Bung Hatta