INTERNASIONAL NASIONAL

Senin, 10 November 2008

KPK Harus Mengawasi Langsung Penerimaan CPNSD di Daerah yang Disinyalir Banyak KKN

Oleh Agustian Ramdani

Kualitas PNS di daerah semakin lama semakin memprihatinkan. Hal ini disebabkan penerimaan CPNS terutama di daerah masih sangat rentan KKN. Contohnya penerimaan CPNSD di berbagai kabupaten di Provinsi Lampung, pada umumnya banyak menyimpann permasalahan.

Penerimaan CPNSD pernah dilakukan secara transparan dan murni ketika pelaksanaannya masih dilakukan dengan melibatkan Unila sebagai penyelenggaraan CPNSD, tetapi setelah pelaksanaanya dilakukan di daerah masing-masing terjadi banyak sekali kecurangan. Kabupaten-kabupaten yang disinyalir banyak masalah seperti Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Selatan, Bandar Lampung, Tulang Bawang, Lampung Timur, Lampung Barat dan Metro.

Kemungkinan KKN dalam seleksi penerimaan CPNSD bisa dalam banyak ragam bentuknya. Hal ini yang menyebabkan para calon peserta tidak begitu antusias untuk mengikuti seleksi tahun ini. Mereka merasa usahanya hanya sia-sia saja. Belum lagi memperhitungkan biaya tes dan transport.

KPK harus tegas atau mengikut sertakan perwakilannya dalam pengadaan CPNSD untuk tahun 2008 ini, pengawasan bisa secara langsung pada BKD-BKD pada kabupaten-kabupaten tersebut. Pengawasan ini harus terus dilakukan sampai pengumuman hasil CPNSD dilakukan.

Masyarakat harus juga berperan aktif memantau dan melaporkan segala bentuk kecurangan yang dilakukan oleh aparat atau calon perserta. KPK juga sebaiknya membuka hot line untuk pengaduan masyarakat ini.

Ini merupakan tanggungjawab kita bersama dalam rangka menuju pemerintahan yang baik (good governance). Dengan penerimaan CPNSD yang berkualitas maka diharapkan pemerintahan di isi oleh orang-orang yang berkompeten dan memiliki kualitas yang baik juga.

Selama ini kalangan birokrasi banyak melakukan KKN yang menyebabkan kesengsaraan rakyat. Mulai dari penyusunan anggaran yang tidak berpihak pada masyarakat sampai pada pengelolaan dan pertanggungjawabannya yang masih bermasalah.

Perbaikan kualitas pemerintahan ini mau tidak mau harus dibangun dari sumber daya manusianya yang baik dan berasal dari seleksi yang benar-benar. Tetapi sulit diharapkan adanya seleksi CPNSD yang baik tanpa ada pengawasan yang ketat dan tegas. Inilah saat KPK masuk langsung dijantung permasalahan bangsa ini, yaitu perbaikan kualitas pemerintahan dengan pengadaan PNS yang terawasi. Memberi hukuman pada pelaku KKN memang baik, tetapi membangun pemerintahan yang baik dengan melakukan pengawasan penerimaan CPNSD jauh lebih baik.

1 komentar:

infogue mengatakan...

Promosikan artikel anda di www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
http://pemerintahan-indonesia.infogue.com/kpk_harus_mengawasi_langsung_penerimaan_cpnsd_di_daerah_yang_disinyalir_banyak_kkn

NASIONAL INTERNASIONAL
 





About Us | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan | Pesan | RSS | Facebook | Twitter | Nasional | Internasional | ASEAN | Ekonomi | Pariwisata

Copyright © 2008. news.indonesianvoices.org - All Rights Reserved
Indonesian peoples thing..
Created by Group Link Website Published by Indonesian Voices
Meneruskan Semangat Bung Karno dan Bung Hatta