INTERNASIONAL NASIONAL

Minggu, 04 Mei 2008

Regional Ministerial Meeting

Regional Ministerial Meeting on Millennium Development Goals (RMM on MDGs): The Way Forward 2015

Latar Belakang Penyelenggaraan RMM on MDGs

Pemerintah Indonesia berpandangan bahwa upaya internasional harus pula memperhatikan penanganan kantong-kantong kemiskinan di Asia mengingat jumlah orang miskin absolut di kawasan ini melebihi jumlah penduduk di seluruh Afrika. Dipandang pula bahwa penanganan aspek disparitas pembangunan antar daerah dan antar kelompok social di masing-masing negara maupun antar negara, perlu mendapatkan perhatian khusus dalam agenda nasional maupun internasional.

Terkait dengan isu pencapaian MDGs di kawasan Asia Pasifik, Pemerintah Indonesia c.q. Departemen Luar Negeri bekerjasama dengan Kantor Duta Besar Khusus PBB utuk MDGs Asia-Pasifik, United Nations Department of Economic and Social Affairs (UNDESA), United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP), United Nations Development Program (UNDP) Jakarta, dan Asian Development Bank (ADB) telah menyelenggarakan “Regional Ministerial Meeting on MDGs in Asia and the Pacific: The Way forward 2015” (RMM on MDGs) di Jakarta pada tanggal 3-5 Agustus 2005.

Penyelenggaraan RMM on MDGs ini diharapkan dapat mendorong pencapaian tujuan dan target dalam MDGs di tingkat regional. Hasil dari RMM diharapkan dapat menjadi input bagi pembahasan High Level Plenary Meeting (HLPM) Sidang Majelis Umum PBB ke-60 pada bulan September di New York, sebagaimana disebutkan dalam mandat Resolusi PBB no. 59/145 yang menghimbau partisipasi aktif seluruh negara anggota untuk mensukseskan HLPM.

Bagi Indonesia, hasil pertemuan ini memberi peluang peningkatan kerjasama regional guna mendorong proses pencapaian MDGs di tingkat nasional sesuai dengan strategi pembangunan Indonesia, di samping meningkatkan profil kepemimpinan Indonesia dalam mendorong pencapaian MDGs di kawasan Asia Pasifik. Pertemuan tersebut memberi mandat Pemerintah Indonesia untuk menyampaikan Deklarasi Jakarta pada saat pertemuan High Level Plenary Meeting (HLPM) dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-60 di New York tanggal 14-16 September 2005.

Hasil RMM on MDGs

Hasil RMM tersebut adalah Deklarasi Jakarta yang mencerminkan komitmen politik negara-negara di kawasan Asia-Pasifik untuk mengembangkan suatu strategi berupa “Regional Partnership” bagi pencapaian MDGs di tahun 2015 dan kesepakatan untuk mengintegrasikan MDGs dalam setiap strategi kerjasama regional dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan di kawasan. Berdasarkan RMM on MDGs, tantangan-tantangan pembangunan yang perlu dihadapi bersama oleh kawasan antara lain adalah dalam bidang perdagangan, kesehatan, pembangunan berkelanjutan dan pendanaan pembangunan. ( Sumber : www.deplu.go.id )

Tidak ada komentar:

NASIONAL INTERNASIONAL
 





About Us | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan | Pesan | RSS | Facebook | Twitter | Nasional | Internasional | ASEAN | Ekonomi | Pariwisata

Copyright © 2008. news.indonesianvoices.org - All Rights Reserved
Indonesian peoples thing..
Created by Group Link Website Published by Indonesian Voices
Meneruskan Semangat Bung Karno dan Bung Hatta